Apa yang dimaksud dengan SWOT? Seringkali kita mendengar
kata SWOT dalam dunia akademik maupun dalam pergaulan sehari-hari. SWOT adalah
kependekan dari Strength, Weakness, Oportunities, Treaths.
Strength (Kekuatan)
Weakness (Kelemahan)
Opportunities (Kesempatan)
Treaths (Ancaman)
Dalam Analisis SWOT adalah teknik yang berguna untuk
memahami Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weaknesses), dan untuk
mengidentifikasi baik Peluang (Opportunities) terbuka untuk Anda dan Ancaman
(Threats) yang dihadapi. Jika digunakan dalam konteks bisnis, hal ini membantu
Anda mengukir topik yang berkelanjutan di pasar anda. Jika digunakan dalam
konteks pribadi, hal ini membantu anda dalam mengembangkan karir anda dengan
cara yang mengambil keuntungan terbaik dari bakat Anda, kemampuan dan peluang
yang anda miliki.
Apa yang membuat analisis SWOT sangat berguna adalah
dengan sedikit pemikiran, Analisis SWOT dapat membantu anda menemukan peluang
yang anda punya untuk perkembangan yang akan dijalankan. Dengan Analisis SWOT
anda juga bisa memahami kelemahan dari bisnis anda, anda dapat mengelola dan
menghilangkan ancaman yang datang secara tiba tiba dalam menjalankan bisnis
anda. Dengan melihat diri sendiri dan pesaing anda menggunakan kerangka SWOT
Analysis, Anda dapat mulai untuk merencanakan strategi yang membantu anda
membedakan diri dari pesaing anda, sehingga anda dapat bersaing dengan sukses
di pasar yang anda jalani.
Kekuatan dan kelemahan seringkali merupakan hal internal
di organisasi, sedangkan peluang dan ancaman umumnya berhubungan dengan faktor
eksternal. Untuk alasan ini, kadang-kadang Analisis SWOT disebut
Internal-External Analysis dan Matrix SWOT kadang-kadang disebut IE Matrix.
Untuk mengalalisa SWOT para manajer menggunakan Empat
Langkah Strategi. Empat strategi itu meliputi:
Pertama, strategi SO (Strengths-Opportunities) adalah
strategi yang digunakan perusahaan dengan memanfaatkan atau mengoptimalkan
kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan berbagai peluang.
Kedua, strategi WO (Weaknesses-Opportunities) adalah
strategi yang digunakan dengan seoptimal mungkin meminimalisir kelemahan yang
ada untuk memanfaatkan berbagai peluang.
Ketiga ST (Strengths-Threats) adalah strategi yang
digunakan perusahaan dengan memanfaatkan atau mengoptimalkan kekuatan untuk
mengurangi berbagai ancaman.
Keempat, strategi WT (Weaknesses-Threats) adalah strategi
yang digunakan untuk mengurangi kelemahan dalam rangka meminimalisir atau
menghindari ancaman.
Strategi yang digunakan dengan seoptimal mungkin
meminimalisir kelemahan yang ada untuk memanfaatkan berbagai peluang.
Beberapa pertanyaan yang mungkin dapat membantu anda
dalam Analysis SWOT adalah :
Kekuatan (Strengths) dalam SWOT
Apa keuntungan organisasi/bisnis anda miliki?
Apa yang Anda lakukan ? Apakah lebih baik dari orang
lain?
Apa sumber daya yang unik atau biaya terendah dapat anda
manfaatkan yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain ?
Apa yang orang di pasar anda bisa lihat sebagai kekuatan
dari bisnis/organisasi anda?
Faktor-faktor apa yang bisa membuat anda mendapatkan
penjualan ?
Kelemahan (Weaknesses) dalam SWOT
Apa yang bisa anda
tingkatkan?
Apa yang harus anda hindari?
Apa hal-hal yang bisa orang lain lihat sebagai kelemahan?
Faktor-faktor apa yang menyebabkan kehilangan penjualan?
Peluang
(Opportunities) dalam SWOT
Apa peluang yang
baik bisa anda lihat?
Apa tren menarik yang anda ketahui?
Kesempatan yang
berguna dapat datang dari hal-hal seperti:
Perubahan
teknologi dan pasar di skala luas maupun sempit.
Perubahan kebijakan pemerintah yang terkait dengan bidang
Anda.
Perubahan pola sosial, profil penduduk, perubahan gaya
hidup, dan sebagainya.
Acara-acara lokal.
Ancaman (Threats)
dalam SWOT
Hambatan apa yang
anda hadapi?
Apa yang pesaing anda lakukan?
Apakah standar kualitas atau spesifikasi untuk pekerjaan
Anda ?
Apakah perubahan teknologi mengancam posisi Anda?
Apakah Anda memiliki utang atau arus kas yang buruk?
Apakah Setiap kelemahan anda mengancam bisnis Anda?
Kesimpulan
Analisis SWOT adalah sebuah kerangka sederhana namun
bermanfaat untuk menganalisis kekuatan organisasi Anda dan kelemahannya, serta
peluang dan ancaman yang Anda hadapi. Ini membantu Anda fokus pada kekuatan
yang anda miliki, meminimalkan ancaman, dan mengambil keuntungan yang mungkin terbesar
dari peluang yang tersedia untuk anda.
Analisis SWOT dapat digunakan untuk "kick off"
dalam perumusan strategi, atau dengan cara yang lebih expert sebagai alat
strategi yang serius. Anda juga dapat menggunakannya untuk mendapatkan
pemahaman tentang pesaing anda, yang dapat memberikan wawasan yang anda
butuhkan untuk posisi kompetitif yang koheren dan sukses. Ketika melakukan
analisis Anda, harus realistis dan ketat dalam menerapkan Analisis SWOT.
Terapkannya pada tingkat yang tepat sesuai dengan pasar yang anda targetkan.
Sumber
http://rizkiarc11.blogspot.co.id/2013/11/apa-itu-swot-swot-strength-weakness.html
http://gudangtugasicha.blogspot.co.id/2015/01/analisis-swot-terhadap-kepribadian-diri.html
0 komentar:
Posting Komentar